Sabtu, 27 April 2013

Sumsel semakin Gemilang dengan akan dibangunnya jembatan musi 3, monorel, fly over, dan underpass

Ilustrasi Jembatan Musi III (Klik Gambar Untuk Memperbesar)

Banyak sekali Pengakuan Warga Tentang cita-cita  Sumsel Gemilang dari Bapak Ir.H. Alex Noerdin sosok peraih rekor MURI. Visi dari beliau  yang sudah terealisasi  tercepat ini yaitu Program Sekolah Gratis, WiFi Free di Sumsel, mewujudkan adanya kereta monorel yang Insya Allah Tahun 2013 ini akan segera di laksanakan pembangunan kereta monorel. Niat sumsel membangun monorel ini terobsesi setelah DKI jakarta gagal membuat jalur transportasi massal itu. Rencananya, monorel ini akan melintas dari simpang bandara sultan mahmud badarudin (SMB) II menuju JSC. Meski masih dalam tahap perencanaan, namun pembangunan monorel nantinya dapat menjadi daya tarik sumsel di mata dunia. “Apalagi saat ini, sumsel tengah mengajukan diri sebagai tuan rumah asian games 2018, sehingga penunjang kelancaran transportasi menjadi mutlak di lakukan sumsel, “jelas gubernur.

Subhanallah itu yang hanya bisa saya ucapkan, sosok beliau yang benar-benar kami cintai, kami tunggu dan kami banggakan. Semoga Tuhan memberikan kelancaran dalam Tugas dan niat baik Bapak Ir.H. Alex Noerdin. Sumatera pasti bisa menjadi lebih gemilang lagi karena akan dibangunnya jalur transportasi dan jembatan.

Jembatan Musi III akan segera dibangun di palembang, Desain jembatan dari jepang. “Hasil studi dan desain utusan pemerintah Jepang, posisi Jembatan Musi III lurus membelah sungai dengan panjang hanya 360 meter, sedangkan desain dari Kementerian PU mencapai 500 meter” ungkap Bapak Ahmad Pejabat Pembuat Komitmen PU Bina Marga Metropolis Palembang. 
Berikut ini beberapa ilustrasi gambar jembatan Musi III, Silahkan klik gambar untuk memperbesar:

Ilustrasi Jembatan Musi 3
Total panjang jalan dan jembatan musi 3 mencapai 25,5 km. Lahan yang dipilih untuk pembangunan jembatan musi 3 dimulai dari kelurahan kebun bunga menuju sungai lais serta berakhirdi Sungai pinang, diungkapkan Satker Pembangunan Jalan Metropolitan Balai PU Sumsel Aidil Fikri 23 December 2011.
Total panjang untuk jembatan musi 3 sendiri akan sepanjang 1 km. Dimana untuk rentang tengah jembatan sepanjang 500 m, sedangkan pada ruas kanan kirinya masing2 sepanjang 250 m. Menurut Pak Aidil Fikri untuk pembangunan jalan dan jembatan dibutuhkan 3,4 triliun rupiah.


Alur jembatan dari Kecamatan Sukarame dan melintasi Pulau Kemaro hingga ke Plaju.
Site Plan Jembatan Musi 3


Sedangkan Menurut Bapak Yudha Rinaldi Sekretaris Komisi IV DPRD Sumatera Selatan kamis 6 November 2012, Pembangunan jembatan Musi III itu mencapai anggaran sekitar Rp.4,2 Triliun yang sampai saat ini belum terealisasi.
“Ini bukan tidak jadi tetapi masih terkendala dana yang besar". Yang sementara lokasinya di pasar kuto, dan masih ditangani oleh APBN karena tidak masuk dalam kawasan jalan nasional,” jelasnya. 

Pihak terkait masih terus mendata lokasi progresnya seperti apa nantinya, sedangkan hal lain juga masih dibahas mengenai pembangunan jalan terowongan (underpass) di Simpang patal, yang akan di danai juga oleh APBN pada 2013 ini. Sebenarnya dana ini sudah dianggarkan pada APBN tahun 2011 lalu karena masih ada terus pendataaan yang dilakukan oleh 9 tim dari kota palembang, ujar Pak Yudha Rinaldi. harus bertanggung jawab untuk pembebasan lahan jalan terowongan tersebut.

Sedangkan untuk dana pembebasan lahan saja memerlukan dana mencapai 733-750 miliar rupiah. Pembangunan jembatan musi 3 ini rencanannya akan dimulai tahun 2012. Ujar Pak Aidil Fikri.

Pihak Pemprov Sumsel melalui Dinas PU Bina Marga telah menganggarkan dana Pra Feasibility Study (PS) Pembangunan Jembatan Musi III dan IV yang masuk dalam pos Program Inspeksi kondisi Jalan dan Jembatan di APBD Tahun 2012 lalu yang totalnya Rp 11.100.000.000. (Rp. 11,1 Milyar).

Sumsel Kini Hanya mendapatkan Rp700 M Untuk Pembangunan Jembatan. melalui usulan yang diajukan Pemprov kepada DPR RI dari pengajuan sebesar Rp1,5 Triliun yang diusulkan Pemprov sebesar, yang disahkan DPR RI Rp 700 M, artinya kurang dari 50%.

Site lokasi Rencana Musi III, Mulai dari jalan Kop. Paiman (Hoktong) sampai Pamrik Karet Muara Kelingi (Sei. Selincah).

Konstruksi dari Hoktong sampai P. Kemaro Menggunakan Box Girder
Konstruksi dari P. Kemaro sampai Muara Kelingi menggunakan Cable Stayed
Nearby cities: Palembang; Tanjung Enim, Sumatera Selatan; Way Tuba
Coordinates:   2°59'7"S   104°48'49"E

Pulau Kemarao
 
Proyek Jembatan Musi III akan tetap dilaksanakan, kalau perlu sampai Musi VI. Rangkaian peringatan HUT ke 66 Sumsel diawali dengan Rapat Paripurna Istimewa VIII DPRD Sumsel. Rapat dihadiri ketua dan anggota DPRD Sumsel, Gubernur Sumsel dan jajaran, bupati dan wali kota, Gubernur se-Sumatera, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Dikdik Mulyana Arief Mansur, Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Nugroho Widyotomo dan tokoh nasional, anggota DPR RI, Dodi Reza Alex dan anggota DPD RI.

pertumbuhan ekonomi Sumsel dalam kurun waktu empat tahun terakhir mengalami peningkatan yang signifikan. Laju pertumbuhan ekonomi provinsi ini pada 2009 sebesar 4,1 persen dan pada 2010 meningkat menjadi 5,4 persen. Sementara hingga triwulan III/2011 kembali meningkat secara signifikan menjadi 6,1 persen.

Demikian pula dengan indeks pembangunan manusia (IPM) Sumsel juga mengalami peningkatan dari sebesar 72,61 pada 2009 menjadi 72,95 di 2010. Angka ini melebihi IPM Nasional yang sebesar 72,27, bahkan IPM ini menempatkan provinsi Sumsel di posisi 10 nasional. Meski secara keseluruhan program yang telah digulirkan terbilang sukses, menyambut perayaan HUT ke 66 Provinsi Sumsel ini, Pak Alex berjanji akan terus meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat, yang telah dipersiapkannya melalui sejumlah program strategis, di antaranya mempertahankan pertumbuhan ekonomi daerah minimal 6,5 persen per tahun.

Selain, penyediaan infrastruktur strategis, yaitu mendorong realisasi proyek-proyek yang terdapat dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) koridor Sumatera seperti Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Apiapi, sejumlah ruas jalan tol, Jembatan Musi III, monorel, dan fly over, underpass, dan beberapa agenda pembangunan lainnya. "Dengan bermodal sumber daya alam (SDA) yang demikian besar dan didukung dengan konsep pembangunan yang strategis dan terukur, Bapak Gubernur kita optimis perekonomian Sumsel akan tumbuh baik, bahkan menjadi yang terdepan di tingkat nasional,"

Pengembangan suatu daerah  dan ini dapat dijadikan tolak ukur bagi masyarakat dalam menilai suatu pemimpin, apakah pemimpin itu berpihak kepada masyarakat apa tidak. pembangunan jembatan. Untuk itu pada tahun 2013 Pemprov Sumsel akan membangun beberapa jembatan guna meningkatkan infrastruktur untuk wilayah Sumsel. Bedasarkan keterangan jumlah jembatan yang ada di Sumsel 566 jembatan yang tersebar di 15 kabupaten, jembatan tersebut ada dalam kondisi baik dan ada juga dalam kondisi perlu perawatan yang mana jembatan yang kondisi baik ada 13 jembatan, sedangkan kondisi jembatan yang masuk katagori baik tapi sedikit yang mengalami kerusakan yang dapat diperbaiki melalui perawatan rutin berjumlah 399 jembatan.

Dari sekian banyaknya kendala sehingga pembangunan selalu mundur, seperti permintaan dari PT. Pelindo II meminta pembangunan Jembatan Musi III. Jembatan yang telah diwacanakan sejak 2010 ini telah disepakati semua konsep pembangunannya namun tiba-tiba ditengah jalan kembali terbentur adanya permintaan perubahan desain oleh PT. Pelindo II agar jembatan ditinggikan dengan pertimbangan kapal akan melintas menuju dermaga. 

Kemudian jembatan yang termasuk katagori perlu pemantauan dan pemeliharaan  yang dilakukan secara berkala berjumlah 148 jembatan,sedangkan jembatan yang katagori sedang yang memerlukan tindakan secepatnya berjumlah 7 jembatan,dan semua itu sudah di agendakan  untuk dirawat, diperbaiki dan dipelihara sebab semua itu akan menunjang perekonomian sumsel yang lebih baik lagi. Kepala Dinas  Pekerjaan Umum Bina Marga (PU BM) Provinsi Sumsel, Heri Amalindo  menyatakan kepada wartawan beberapa waktu yang lalu  tahun 2013 akan dibangun enam jembatan baru dan enam jembatan yang diganti. 

Mari Kita Sukseskan Program Sumsel Gemilang.



Beberapa Sumber Referensi :
http://suarasumsel.com
http://baznassumsel.or.id
http://www.trijayafmplg.net
http://palembang.tribunnews
http://sumsel.antaranews.com

http://www.Tribunsumsel.com
http://www.skyscrapercity.com
http://www.tataruangindonesia.com
http://www.humasprotokol.sumselprov.go.id




Link Terkait : 
- Sumatera Selatan 
- DisHubKomInfo 
- Relawan SumSel

Kamis, 25 April 2013

Selamat Jalan buat Ustad Jefry Al Buchori atau Uje


Kami Warga SUMSEL Mengucapkan 
اِنّا لِلّهِ وَاِنّا اِلَيْهِ رَجِعُوْن
"Selamat Jalan ya UJE, Ustad Jeffry Al-Buchory atau Uje". Ustad Gaul kami Yang Selalu Kami rindukan… Semoga Amal Allah swt menerima amal ibadah beliau, dan menempatkanMU Disisi yang Layak. Amin. Kami Sungguh merasa kehilangan atas kepergianMu, dan sosokmu yang luar biasa bisa membuat kami banyak berubah. Engkau adalah sosok gaul yang banyak melakukan Dakwa itu terus menyambung. Engkau sangat berarti, Engkau meninggal tak lama setelah berulang tahun ke-40 pada 12 April 2013. Semoga Engkau Ada pengganti, Terima kasih Banyak atas semua yang telah Engkau berikan kepada Kami semua Khususnya buat Umat Muslim. Sekali lagi selamat jalan ya UJE,

Uje keluar dari rumah sekitar pukul 10 malam, bersama empat pengendara sepeda motor lain, termasuk Fajar Sidiq. Meski dalam keadaan tidak fit, Uje tetap ingin mengendarai sepeda motornya. 
Sebelum naas di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Uje sempat jatuh dua kali. Pertama kali ia jatuh karena permukaan jalanan yang tidak rata. Kedua, saat ia ingin menyalip sebuah mobil, dan sepeda motornya oleng. "Itu hanya jatuh biasa," kata Fajar.

Ketiga kalinya, Uje berada di depan dan mengalami hilang kendali. Ayah dari tiga anak tersebut menabrak pohon dan akhirnya meninggal dunia. "Meninggal karena luka di sebelah kiri," kata Fajar Sidiq.
Polisi menyatakan saat kecelakaan, kondisi jalan lengang dan licin. juga "mungkin UJE mengendari dengan melaju kencang, sehingga saat di tikungan jalan ada Pohon Palm dan tak terelakkan".

Uje mengalami kecelakaan sekitar Pukul 01.30 Dini hari, dan langsung dibawa ke UGD Rumah Sakit Pondok Indah. Namun, dokter menyatakan Uje sudah meninggal dunia.

Ustaz Solmed Mengaku Sangat Terpukul Dengar Kepergian Uje.

Jenazah Almarhum UJE akan disolatkan bersama di Masjid Istiqlal seusai solat Jum'at. Dan jenazah akan masuk dari dalam pintu belakang masjid istiqlal Jakarta, dan nantinya mungkin akan diletakkan didepan masjid, Jenazah akan tiba pada jam 11 ini,
Pendakwah yang juga pernah merilis album religi itu meninggalkan satu orang istri dan empat orang anak. Anak Uje Histeris: Pengen Ikut Abi Aja!


Adiba Khanza Az-Zahra, anak perempuan tertua Uje juga sempat histeris menerima kenyataan sang ayahanda pergi untuk selamanya.

Sepertinya sang ibunda, Adiba pun menangis saat menyambut kedatangan jenazah ayahandanya pagi tadi.

"Pengen ikut Abi aja," teriak Adiba di rumah duka, Perumahan Bukit Mas Narmada III Bintaro, Rempoa, Tangerang, Jumat (26/4/2013).

Sementara istrinya, Pipik Dian Irawati, juga terlihat menangis memeluk keranda jenazah Uje.




Sumber :
http://news.detik.com
www.rimanews.com
Link Terkait :Banyak Perempuan Akan Menangisi Uje